Jumat, 12 Juni 2015

INI DIA MATERI PLPG 2015 TERBARU

Posted by Admin on Jumat, 12 Juni 2015

elamat Pagi rekan-rekan guru setanah air. salam sejahtera untuk kita semua..salam edukasi !!
Materi PLPG 2015~Sama seperti pelaksanaan pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) tahun-tahun sebelumnya, Materi PLPG tahun 2015 juga disusun dengan memperhatikan empat kompetensi guru, yaitu :
  1. Kompetensi Pedagogik,
  2. Kompetensi Profesional,
  3. Kompetensi Kepribadian, dan
  4. Kompetensi Sosial.
Standardisasi kompetensi yang dijabarkan dalam struktur kurikulum PLPG ini juga dikembangkan oleh Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG). Sebagian bahan ajar dikembangkan KSG dan sebagian lainnya oleh LPTK penyelenggara sertifikasi dengan mengacu pada :
  1. Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru,
  2. Permendiknas No. 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor,
  3. Permendiknas No 32 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akdemik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus.
Materi PLPG tersebut diarahkan agar peserta PLPG dapat mengimplementasikan kurikulum yang berlaku, terutama dalam menganalisis standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian, serta mengembangkan perangkat pembelajarannya.Sumber belajar pada PLPG dapat berupa buku, diktat, modul, video dan sumber belajar lainnya. Sumber belajar berupa buku-buku yang relevan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah masing-masing. Rambu-rambu materi PLPG dijabarkan daristruktur kurikulum PLPG yang terdapat pada Lampiran 1 sampai dengan Lampiran 6, dan kisi-kisi uji kompetensi. Struktur kurikulum dan lampiran-lampirannya (1 sampai 6) dapat diunduh DISINI.
Jika tahun-tahun sebelumnya, materi PLPG dapat diunduh melalui laman sergur.kemdiknas.go.id. Selain itu, materi-materi PLPG ini biasanya akan di distribusi dan dipublikasikan di laman LPTK rayon penyelenggara PLPG 2015 sesuai dengan prodi yang terdapat pada LPTK tersebut. Selain mengunduh materi-materi tersebut nanti, sebaiknya peserta PLPG 2015 juga mengunduh permendiknas yang dijadikan acuan materi beserta struktur kurikulum PLPG pada link-link yang disampaikan diatas.
Demikian berita yang dapat admin sampaikan seperti yang admin kutip dari infogtk.semoga bermanfaat.

Previous
« Prev Post